Monday, October 2, 2006

Persiapan & Pemeliharaan1

2. 1 PUPUK

Untuk menyelesaikan siklus hidupnya, tanaman membutuhkan unsur hara makro mapun mikro. Apabila kekurangan unsur tertentu, tanaman akan memperlihatkan gejala defisiensi. Sebaliknya ketika unsur tertentu tersedia berlebih, tanaman akan menampakkan gejala toksis. Untuk memenuhi kebutuhan akan unsur hara, dilakukan pemupukan dengan bahan-bahan kimia.

A. Penghitungan HaraBahan kimia yang dijual dipasaran memiliki tingkat kemurnian teknis dan pro analis (p.a). Pada umumnya hidroponik komersial menggunakan tingkat kemurnian teknis karena harganya lebih murah. Pupuk hidroponik memakai yang 100% soluble artinya 100% bisa terlarut sempurna. Berikut beberapa bahan kimia beserta unsur yang terkandung, yaitu:


Tabel berikut berisi kisaran konsentrasi unsur dalam larutan ramuan hara hidroponik. Tabel tersebut menjelaskan batas minimum dan maksimum pemberian unsur tertentu pada tanaman. Konsentrasi rendah biasanya digunakan untuk fase vegetatif. Sedangkan konsentrasi tinggi digunakan untuk fase generatif.

Untuk memudahkan pengusaan ketrampilan meramu pupuk hidroponik maka dimunculkan konsep “rasio antar hara”. Kita tetapkan sebagai acuan bahwa konsentrasi N-total adalah 250 ppm. Angka tersebut merupakan jumlah kation NH4+ dan anion NO3-. Sedangkan untuk unsur hara mikro ditetapkan standar konsentrasi yang berlaku untuk semua tanaman. Rasio antar hara makro untuk berbagai golongan tanaman sebagai berikut

No comments: