Friday, October 13, 2006

NFT 4

3. 3 Pengaturan Aliran Nutrisi

Aliran larutan nutrisi pada NFT yang dihasilkan oleh pompa didesain tidak terlalu deras. Perlakuan ini dilakukan dengan alasan yaitu: 1) 1 pompa dapat digunakan untuk sebanyak mungkin talang, 2) hemat listrik karena memakai sedikit pompa, 3) Aliran nutrisi dari inlet yang terlalu deras bisa merusak perakaran tanaman.
Namun penggunaan metode kecepatan aliran rendah menyebabkan masalah ketidakseragaman kecepatan aliran pada inlet talang NFT. Semakin dekat dengan aliran utama dari pompa maka semakin cepat aliran inlet. Metode close loop system ditujukan agar aliran nutrisi yang masuk ke masing-masing inlet talang relatif sama.
Hidroponik NFT dapat dibedakan berdasarkan metode aliran nutrisi yang masuk ke inlet yaitu :
a. close loop, yaitu aliran nutrisi yang masuk ke inlet dari 2 arah. Aliran nutrisi yang dihasilkan oleh pompa dipecah menjadi 2 arah kemudian dipertemukan pada inlet.
b. open loop, yaitu aliran nutrisi yang masuk ke inlet dari 1 arah
Posisi inlet dipasang lebih tinggi daripada outlet. Supaya air yang mengalir melalui inlet dapat berjalan di dalam talang dengan lancer dan menuju outlet sesuai gaya gravitasi. Kontinuitas sirkulasi larutan nutrisi memegang peranan penting pada teknik ini. Apabila aliran berhenti fatal akibatnya pada saat pompa mati, misalnya, memang masih ada air yang tertahan oleh tebalnya lapisan akar. Namun, kondisi ini sangat sulit untuk memperkirakan daya tahan tanaman di dalam jaringan selama listrik atau pompa mati.

3. 4 Tipe NFT
Dilapang akan dijumpai aplikasi beberapa tipe NFT. NFT berdasarkan konsep dapat dibedakan menjadi :
a ) NFT murni, menerapkan dasar konsep NFT secara murni
b )NFT modifikasi, teknologi NFT dimodifikasi dan dikombinasikan dengan jenis hidroponik yang lain. Contoh: NFT dikombinasikan dengan rakit apung.
Hidroponik NFT dapat dibedakan berdasarkan penempatan inlet dan outlet yaitu :

2 comments:

Unknown said...

Terima kasih mas Agung

Unknown said...

terimakasih infonya...klo boleh, kirim dong gambar2 hidroponik sistem NFT ke theonewhd@yahoo.co.id