Sunday, October 15, 2006

Manajemen Rumah Tumbuh 4

Persamaan menunjukkan bahwa semakin luas dinding dibandingkan luas lantai maka suhu didalam greenhouse dapat diturunkan hingga batas tertentu. Untuk menurunkan suhu didalam greenhouse yang perlu dilakukan adalah memperluas luas penampang dinding greenhouse.
2. Metode double layer
double layer
single layerPenerapan metode atap berlapis atau double layer bisa menurunkan suhu didalam greenhouse.






Prinsip kerjanya adalah lapisan atap paling atas bekerja memperangkap udara panas lalu melepas udara panas melalui jalur ventilasi. Udara panas ditimbulkan oleh sinar matahari yang mengenai permukaan atap. Sedangkan metode atap tunggal, panas yang disebabkan oleh sinar matahari langsung dilepas kedalam greenhouse.
3. Penataan Zig – zag.
Bangunan greenhouse yang diposisikan zig-zag atau bersilang antar bangunan bisa menurunkan suhu didalam greenhouse. Penataan zig-zag dilakukan dengan alasan :
a. Penataan zig-zag memungkinkan bangunan memperoleh aliran angin lebih merata. Angin yang keluar dari suatu greenhouse akan masuk ke dalam greenhouse lain. Sehingga, pergerakan angin dapat dioptimalkan masuk ke masing-masing greenhouse.
greenhouse




b. Angin yang keluar dari suatu greenhouse tidak saling berbenturan dengan angin dari greenhouse lainnya. Dua atau beberapa angin dengan arah tidak sama dan berbenturan dapat menyebabkan pergerakan angin menjadi lambat karena saling menetralkan. Selain itu, tumbukan angin tidak searah dapat berbahaya karena melahirkan peristiwa turbulensi atau angin berputar-putar. Turbulensi dapat merugikan sebab bisa merobohkan tembok, mengangkat atap dan merusak tanaman.
4. Penutup angin pada dinding samping dengan angin masuk
Metode penutup angin pada dinding samping cocok diterapkan pada jenis greenhouse yang panjang atau bersambung (ridge n furrow). Prinsip kerjanya adalah udara yang masuk dari depan ditahan dari samping atau tidak dikeluarkan melalui dinding samping sehingga mendorong udara ditengah greenhouse menuju belakang atau keluar dari dalam greenhouse.
dinding samping ditutup
Angin masuk




5. Memakai detached greenhouse
Semakin panjang greenhouse (pada jenis greenhouse ridge n furrow) maka semakin sulit mendorong angin keluar. Angin akan cenderung berputar-putar didalam greenhouse. Oleh karena itu, di tropis direkomendasikan memakai jenis greenhouse tunggal atau tidak terlalu panjang. Greenhouse tunggal dengan lebar 8-12 m dan panjang 30-40 m cukup ideal karena tidak terlalu panjang dan sinkron dengan ukuran plastik yang tersedia di pasar.

No comments: