Monday, January 15, 2007

persiapan & pemeliharaan2

B. Pembuatan Stok

Pemupukan pada hidroponik pada umumnya menggunakan konsep “A-B Mix”. Artinya seluruh bahan kimia kita pisahkan lalu dikelompokkan menjadi 2 bagian utama yaitu Stok (pekatan) A dan Stok (pekatan) B. Mengapa hal tersebut dilakukan? berikut penjelasannya. Ca dan Fe dimasukkan ke dalam Stok A. Sedangkan Sulfat dan Fosfat dimasukkan Stok B. Perlakuan ini perlu dikerjakan karena bila Ca dalam keadaan pekat dipertemukan dengan sulfat akan membentuk gips Kalsium sulfat yang mengendap dan tidak dapat terserap akar. Apabila Ferrum pekat bertemu dengan Fosfat akan membentuk Ferri-fosfat yang juga mengendap. Endapan tidak akan terbentuk setelah diencerkan 1 : 100.
Alat dan bahan yang diperlukan yaitu timbangan analitik, 2 gelas ukur, sendok, pengaduk, timbangan kasar, air serta bahan-bahan kimia. Berikut langlah-langkah membuat larutan stok :
1. Ambil 2 wadah atau ember berkapasitas 50 L dimana masing-masing untuk Stok A dan Stok B. Kemudian masukkan air hingga 30 L.
2. Untuk Stok A, masukkan berurutan 5 Ca(NO3)2.NH4NO3.10H2O, KNO3 dan Fe-EDTA. Sedangkan untuk Stok B, masukkan KH2PO4, (NH4)2SO4, MgSO4.7H2O, MnSO4.4H2O, CuSO4.5H2O, ZnSO4.7H2O, H3BO3 dan (NH4)6Mo7O24.4H2O. Ketika bahan kimia dimasukkan, sambil dilakukan agitasi (pengadukan) hingga bahan terlarut sempurna.
3. Setelah larut, masukkan lagi air hingga wadah penuh 50 L aduk kembali. Larutan telah siap sebagai Larutan Stok A dan B.
Selain membuat sendiri, pupuk AB Mix sudah dijual dipasaran dalam paket jadi stok A dan stok B. Jadi, tidak perlu meracik sendiri. Hal tersebut perlu dipertimbangkan karena bila kita membuat pupuk dalam kuantitas kecil, akan mengeluarkan biaya lebih besar daripada beli. Selain itu, sekarang beberapa bahan kimia sulit diperoleh secara bebas seperti KNO3.

C. Aplikasi Pemupukan

Masukkan larutan Stok A dan Stok B dengan volume yang sama pada wadah tanam. Sebelumnya, cek pH dan EC air awal untuk memberikan perlakuan berikutnya misal menaikkan atau menurunkan pH air. Kemudian aduk hingga homogen dan cek EC larutan dengan EC meter

No comments: